Sabtu, 05 Maret 2011

Cara Mengembalikan Partisi

Mengembalikan File atau Partisi hardisk Yang Terhapus

Waduh... Hari ini terasa berat untuk dilewati. Makan nggak enak, tidur nggak nyeyak. Bermula dari saat merapikan file di laptop. Niatnya membersihkan file "sampah". Berhubung klak-klik tanpa teliti dan cermat dan tragedi ini terjadi. Gara-gara ceroboh, file data yang saya koleksi bertahun-tahun lenyap seketika. Kejadian sepele tapi efeknya gede. 

Tanpa saya sadari, saya yang berniat membersihkan partisi linux yang nggak kepakai di Hardisk melalui diskmgmt.msc(Disk Managemant) Partisi wedoows yang berisi file data-data tanpa sengaja ikut kehapus. data-data kerjaan, foto-foto kenangan, dan semua-semuanya lenyap dalam hitungan detik... Mampus Gue...

Menghadapi sesuatu yang genting Tenangkan diri adalah hal terpenting. Jangan terlalu shock  dan panik dengan situasi, karena akibatnya akan berbuat ceroboh dan menambah runyam masalah.. Setelah bisa menerima kenyataan bahwa "partisi telah lenyap" saya berpikir jernih dan mencari solusi. Bongkar-bongkar CD Software koleksi saya. dan ketemu dua Software yang saya rasa cukup handal...

 Get Data Back. Saya baca-baca review (GDB)  ini dari berbagai sumber menyebutkan hasilnya lumayan juga. Keampuhannya konon bisa mengembalikan data atau file yang ter-Delete data secara tidak sengaja dari semua jenis media  [ Hard drives, USB drives, Floppy (hari gene emang masih ada yang pakai Floppy??), Firewire drives, Partitions, Dynamic Disks, USB Flash Drive, iPod Disks, Drive images,Zip/Jaz drive, Compact Flash  (CF) Cards, Smart Media Cards, SD Cards.] Mantap juga nih.... Jadi kalo di SD, MMC, FlashDisk terhapus bisa di lacak nih...Selain itu GDBmampu mancari file didalam sub / directory, Merecovery file atau data dari sebuah media/harddisk yang telah terhapus partisinya ataupun terformat dan juganMengembalikan file atau data yang hilang karena virus pada hardisk ataupun flashdisk.

Software yang kedua  yang saya temukan adalah Windows Data Recovery (WDR). Kemampuan software ini dapat melakukan recovery pada data/file anda tanpa merusak, mengembalikan file yang terdelete pada suatu partisi, Mengembalikan semua data dari setiap partisi yang ada dan mampu mengembalikan partisi yang hilang atau terhapus. Selain itu dengan adanya feature Disk Cloning, maka dapat mem-backup OS (Sistem Operasi) juga. Mantap juga nih software. Selian itu WDR juga mempunyai fitur Drive Status. Dengan fitur ini anda dapat melihat status hard drive anda seperti model, serial number, size, suhu, dll. 

Bagi anda yang membutuhkan GDB bisa nyoba dan beli di www.runtime.org Sedangkan bagi anda yang pengen WDR bisa Nyoba dan beli di www.stellarinfo.com atau kalo mau sedikit nakal, anda bisa dapet versi gratisan dengan "jamu"nya disini...


Saya, baru mencoba yang WDR dan alhamdulliah, data saya bisa selamat... Tinggal klik-klik dan tunggu... Taraa, File saya balik maning. Jadi belum sempat mencoba GDB.

Ada sedikit tips ketika akan merestore file kita yang telah hilang, yaitu untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya ketika merestore, hasilnya sebaiknya disimpan dalam drive yang lain. Dalam artian bukan drive yang akan kita cari filenya. Selain itu, sebaiknya saat file kita ada yang terhapus. Misal di drive D: , sebaiknya kita tidak melakukan aktifitas apapun di drive D: baik mengcopy, install, delete dll karena kemungkinan bisa menghapus jejak file yang telah terhapus tersebut. Karena file yang terhapus, sebenarnya secera fisik belum hilang, hanya berganti "tanda". jadi selama tanda tersebut masih ada, file bisa dipanggil lagi.

Jadi Sesempurna-sempurnya software restore dan semahal-mahalnya software restore, tingkat keberhasilan dalam merestorenya ada syarat dan ketentuan berlaku. Alhamdulliah nasib baik kali ini menimpa saya. dengan software gratisan + jamu anti mbayar, partisi saya bisa balik semua dengan selamat.  




Sumber:http://www.dukundigital.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
www.Indo-pages.blogspot.com